Diskusi Ringan Kepala Bappeda dan Sekber Wartawan Depok, Dari Sampah Hingga Smart City

DEPOK – Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Depok yang merupakan forum dari berbagai organisasi dan komunitas wartawan di Kota Depok melakukan diskusi ringan dan tukar pendapat dengan Kepala Bappeda, Hardiono diruang kerjanya, Rabu (1/10) sore.

Diskusi ringan dan tukar pendapat tersebut memang menjadi agenda rutin Sekber dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Depok untuk membahas isu-isu terkait pembangunan di Kota Depok.

Banyak yang dibahas pada diskusi ringan tersebut, diantaranya soal pasar, sampah bahkan hingga komponen penunjang Kota Depok menuju Depok Smart City.

Mengawali perbincangan dengan menjawab isu yang dilempar wartawan soal kondisi pasar Cisalak yang banyak dikeluhkan pedagang, Hardiono menjelaskan teknis perencanaan pembangunan Kota Depok yang melibatkan seluruh jajaran komponen dan stake holder melalui mekanisme musrembang ataupun forum lainnya.

“Sementara terkait pasar (Cisalak-red) tadi, kita bicaranya secara makro, sementara teknisnya ada di dinas teknis terkait. Nah dinas itulah yang meng-evaluasi, laporannya seperti apa dan sebagainya baru akan ketahuan permasalahannya,” jelas Hardiono.

Terkait smar city, Hardiono mengatakan bahwa Pemkot Depok melalui Bappeda dan dinas-dinas lainnya terus mempersiapkan komponen-komponen penunjang smart city.

“Nanti memang semua akan berbasis online, mulai dari perancanaan, input, budgeting, monev, itu semua akan berjalan. Termasuk pelayanan mulai dari kelurahan hingga kecamatan. Itu dari sisi smart goverment, pada smart transportation juga kita sudah mulai dengan sistem cctv termasuk yang diterapkan di SSA itu. Kemudian di dinas kesehatan terkait smart health juga akan ada nomor khusus 119 khusus masalah kesehatan. Sama seperti nomor kegawat-daruratan 112, cuma ini khusus masalah kesehatan,” tambahnya.

Hardiono juga menegasan bahwa pada 2018 nanti akan dibangun control room yang akan memonitor semua kegiatan terkait smart city.

“Kalau di Bandung itu kita kenalnya Command Center, nah 2018 akan dibangun control room yang nantinya akan menempati bekas ruang kominfo yang lama, server juga akan dipusatkan semua,” tambahnya.

Secara keseluruhan, konsep Depok smart city ini memang terus dimatangkan dengan terus mempersiapkan komponen-kpmponen pendukung smart city. Selain itu, banyak lagi yang menjadi bahan diskusi antara Sekber dan Kepala Bappeda pada siltaruhaim yang hampir dua jam tersebut.

Tak lupa pada kesempatan tersebut, Sekber Wartawan Depok memberikan masukan-masukannya agar pelaksanaan pembangunan di Kota Depok bisa lebh baik lagi, termasuk diantaranya usulan memperbanyak BUMD agar pembangunan tak melulu mengandalkan APBD.

Kedepannya, Sekber Wartawan Depok juga berkomitmen untuk melakukan diskusi dan tukar pendapat bersama perangkat OPD lainnya. []

Comments

comments