Cegah Demam Berdarah Dengue dengan PSN dan PJB

Depok – Demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit infeksi virus yang penyebarannya dilakukan oleh nyamuk Aedes.

Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan dan penyebaran kasus DBD sangat kompleks yaitu terdapatnya genangan air bersih pada suatu tempat, seperti penampungan wadah air pada dispenser, bak mandi atau ditempat-tempat saluran air yang tergenang.kata dr Lies Karmawati Kepala Dinas Kesehatan Depok kepada sketsa,(20/8).

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) adalah salah satu cara yang efektif untuk memberantas nyamuk khususnya nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD).

Upaya – upaya yang sudah dilakukan antara lain dengan memutuskan rantai nyamuk penularannya dengan cara PSN yang meliputi pengurasan tempat penampungan air, menutup tempat penampungan dan penguburan barang bekas ( 3M ) jelasnya.

Selama ini upaya efektif untuk mencegah dan mengendalikan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah dengan pengendalian vektornya. Yaitu Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB), papar Lies. (JH)