Cegah Demam Berdarah Dengue dengan PSN dan PJB

Depok – Demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit infeksi virus yang penyebarannya dilakukan oleh nyamuk Aedes.

Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan dan penyebaran kasus DBD sangat kompleks yaitu terdapatnya genangan air bersih pada suatu tempat, seperti penampungan wadah air pada dispenser, bak mandi atau ditempat-tempat saluran air yang tergenang.kata dr Lies Karmawati Kepala Dinas Kesehatan Depok kepada sketsa,(20/8).

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) adalah salah satu cara yang efektif untuk memberantas nyamuk khususnya nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD).

Upaya – upaya yang sudah dilakukan antara lain dengan memutuskan rantai nyamuk penularannya dengan cara PSN yang meliputi pengurasan tempat penampungan air, menutup tempat penampungan dan penguburan barang bekas ( 3M ) jelasnya.

Selama ini upaya efektif untuk mencegah dan mengendalikan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah dengan pengendalian vektornya. Yaitu Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB), papar Lies. (JH)

Hits: 20

Comments

comments