HPS 2018, Camat Tapos Targetkan Wilayahnya Bebas Sampah

Depok,SuaraPers.com – Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Kecamatan Tapos gelar aksi bersih bersih, hal ini yang telah ditargetkan bahwa Indonesia dapat bersih bebas dari sampah hingga tahun 2020.

Muchsin Mawardi Camat Tapos mengatakan diadakannya kegiatan ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan seluruh wilayah Kecamatan Tapos bebas dari sampah, kata Muchsin kepada wartawan saat dikunjungi dikantornya, Rabu(21/02/2018).

Muchsin pimpin langsung kegiatan tersebut serta mengajak warga untuk tertib membuang sampah pada tempatnya dan tidak lagi membuang sampah di pinggir pinggir jalan atau membuangnya ke sungai.

Harapan sekaligus ajakan dari Muchsin Mawardi itu dikemukakan bersama para aktivis, komunitas, dan Para pelajar SDN Tapos 1. Saat pimpin apel Hari Peduli Sampah Nasional 2018.

“Diharapkan adanya aksi bersih-bersih kali ini dapat menjadikan masyarakat depok peduli terhadap lingkungannya sendiri. ujar Muchsin

Lebih jauh dia menuturkan ,diadakan aksi bersih – bersih ini adalah pada 13 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 21 Februari 2005, terjadinya longsoran di TPA Leuwi gajah Jawa Barat yanh menelan ratusan korban meninggal dan dua kampung adat hilang dari peta. Musibah itu setiap tanggal 21 Februari , diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional tutur Muchain.

Lebih jauh Mchsin mengatakan untuk capai target bebas sampah di tahun 2020 kebijakan ini telah dilakukan Pemerintah pusat antara lain dengan membentuk UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah serta PP Nomor 81 Tahun 2013 tentang Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

Bahkan melalui Perpres 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan Nasional Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga maupun berbagai kegiatan lainnya seperti pengembangan bank sampah, sampah menjadi energi, serta berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya.

(diibay/dot)