Dinas Kesehatan Kota Depok Launching Penegakan KTR

DEPOK, suarapers.com –  Kepala Dinas kesehatan Kota Depok hari Jumat, (12/9/19) melaunching penegakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) berdasarkan peraturan daerah nomor 03 tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok dan peraturan Walikota nomor 126 tahun 2016 tentang petunjuk teknis pengawasan dan pengendalian kawasan tanpa rokok.

Walikota Depok yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok drg. Novarita dan beberapa staf lainnya melakukan Konferensi pers menjelaskan bahwa, “pemerintah kota Depok tidak melarang mereka yang merokok tetapi menghimbau agar tidak merokok di luar ketentuan dari Perda Kota Depok yang didalamnya sudah mengatur larangan untuk merokok, memproduksi, penjualan, mengiklankan dan atau mempromosikan produk-produk tembakau di kota Depok.”Ucap Idris, pada konferensi pers di Baleka 2, lantai 10 Pemkot Depok.

Lebih lanjut dikatakan Walikota bahwa “Penjualan tetap diperbolehkan di tempat-tempat penjualan tetapi tidak diperbolehkan untuk di display atau dipajang kawasan tanpa rokok ini meliputi 7 tatanan yaitu tempat umum, kerja, ibadah, bermain dan perkumpulan anak – anak, angkutan umum, lingkungan tempat proses belajar mengajar dan sarana kesehatan.” ucap walikota.

Di dalam rilis yang disampaikan oleh dinas kesehatan Kota Depok, bahwa data kepatuhan terhadap KTR di Kota Depok yang diperoleh dari survei yang dilakukan John Hopkins University bekerjasama dengan the union dan juga survei yang dilakukan dinas Kesehatan Kota Depok yang bekerja sama dengan No Tobacco community atau (NOTC).

Di mana masyarakat yang patuh terhadap Perda KTR Kota Depok di semua tatanan masih cukup rendah, sehingga dari data tersebut bisa diukur sejauh mana keberhasilan Pemerintah Kota Depok dalam menegakan Perda KTR dalam setahun ke depan ini dengan target pencapaian kepatuhan 80 persen.

Dalam hal ini pengawasan kawasan tanpa rokok di Kota Depok, pemerintah akan terus berupaya untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat yang bekerjasama dengan seluruh stakeholder yang ada di kota Depok dalam pelaksanaan Perda. tersebut.

Walikota juga berharap kepada masyarakat dan wartawan yang hadir untuk turut membantu program di galakkan ini agar bisa berjalan maksimal.(Joe)