Forum OPD, Diskominfo Optimalisasi Pengamanan Informasi Pelaksanaan E – Government

Suarapers.com, Depok – Melalui tema Optimalisasi pengamanan informasi Pelaksanaan Elektronik Government, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Depok melaksanakan Forum Rencana Kerja (Renja) perangkat Daerah, diaula Hotel Bumiwiyata Margonda Depok.

E-Government adalah penggunaan teknologi informasi pemerintah kota Depok dalam memberikan informasi dan pelayanan bagi warga. Mulai dari urusan bisnis hingga berkenaan dengan pemerintahan, sehingga dapat membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efisien .ujar Kepala Dinas Kominfo Sidik Mulyono kepada Sketsa usai acara., (20/2)

Berdasarkan Peraturan Wali Kota Depok Nomor 46 Tahun 2017 tentang Pedoman Electronic Government dalam Penyelenggaraan Pemerintah Kota Depok telah tertuang poin-poin sebagai acuan OPD menggunakan aplikasi tersebut.Diantaranya standarisasi aplikasi pelayanan informasi, pertukaran informasi, keamanan data informasi secara umum atau garis besar.

“Penerapan aplikasi e-Government ini terintegrasi dengan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD). maka dapat mempermudah pencarian data yang dibutuhkan. Menurutnya, selama ini banyak aplikasi yang ada di OPD namun belum terintegrasi”.katanya

Menurut Sidik, Pelaksanaan e-Government ini akan dijalankan di tiap OPD dan saling terintegrasi. Jadi setiap perangkat daerah dituntut untuk selalu menjaga keamanan, kerahasiaan, keterbaruan, akurasi, serta keutuhan data dan informasi.

Terintegrasi, e-Government memudahkan pemerintah untuk memonitor terkait pelayanan kepada masyarakat. Sehingga peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas pelayanan publik lebih baik.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik dan maksimal sehingga pada pelaksanaannya dapat dirasakan secara langsung,” tuturnya.(Idris/Jhon)