HKBP Limo, PGIS Dan BASOLIA Kota Depok Gelar Baksos

DEPOK, suarapers.com – Huria Kristen Batak Protestan (HKPB) Limo, bersama Organisasi PGIS dan Badan Sosial Lintas Agama (BASOLIA) Depok mengadakan giat bhakti sosial Seminar kesehatan, Pengobatan Gratis, Penyuluhan Tentang Bahaya Narkoba, serta Pembagian Sembako Jelang idul Fitrih 1440 kepada Masyarakat sekitar Jalan Benda Rt.04/07, Meruyung Limo, Kotya Depok, di Aula HKBP Limo, Sabtu (01/06/2019).

Acara yang diselenggarakan atas prakarsa Pengurus dan Anggota BASOLIA yang bekerjasama dengan HKBP Limo dengan bantuan teman-teman lintas Agama seperti Nahdatul Ulama Kota Depok yang memberikan bantuan beras, serta Swadya Anggota dan Pengurus Basolia, untuk Obat-obatan bantuan dari Dinas Kesehatan Kota Depok, dan Swadaya Gereja – Gereja HKBP se Kota Depok.

Mangaranap Sinaga Sekretaris Umum PGI-S Depok.

Mangaranap Sinaga Sekretaris Umum PGI-S Kota Depok, juga merangkap Sekretaris BASOLIA Kota Depok, menjelaskan BASOLIA merupakan Organisasi Masyarakat berbasis Sosial Lintas Agama, tidak ber-apiliasi terhadap Partai Politik manapun, atau kepentingan tertentu, tidak berbau politik, mempunyai visi dan misi ikut membangun Kota Depok dengan memberikan bantuan Sosial kepada masyarakat tidak mampu di kota Depok.

” Menjelang Hari Raya Idul Fitrih 1440 H, kita ketahui bersama, bahwa masyarakat muslim telah menjalankan Ibadah Puasa selama 30 hari, sehingga dapat ikut berbahagian dalam  menyambut Hari Raya Idul Fitrih, ada kondisi tubuh yang lemah , agar mereka kembali sehat seperti sediakala, maka kami mengadakan Pengobatan Gratis kepada Masyarakat tidak mampu,” Imbuh Mangaranap kepada Wartawan Suara Jabar Satu di Ruang Pengobatan HKBP Limo, Depok.

Dalam Program Rutin ini ada 3 hal terpenting yang dilaksanakan Basolia, memberikan pengobatan gratis , Bagi-bagi Sembako, serta hal terpenting adalah memberikan  penyuluhan Narkoba kepada generasi muda,  sebagai pembicara dari BNN kota Depok ibu Anna Maria.

Lanjut Mangaranap, ” tidak semua masyarakat Indonesia dapat berbahagia dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, sehingga Tim Panitia HKBP langsung terjun ke rt-rt sekitar Lingkungan di limo, agar batuan yang diterima tepat sasaran yaitu masyarakat yang tidak mampu.

Penyelenggaraan Peduli Sosial Basolia merupakan kumpulan dari berbagai agama, memiliki Komitmen membantu masyarakat dengan Kegiatan sosial di Hari Lahir Pancasila, menjaga Negara menjadi satu kesatuan . Menjaga Pancasila – NKRI Harga Mati.

Pdt. Josua Tampubolon Pimpinan Jemaat HKBP Limo.Kota Depok

Hal lain yang disampaikan Pendeta Josua Tampubolon, S.Th, Pimpinan Jemaat HKBP Limo, Kegiatan Acara ini memiliki tema Tahun ini ” Pelayanan Kasih ” bukan saja untuk jemaat gereja, tapi berlaku juga untuk masyarakat sekitarnya.

” Kehadiran Gereja HKBP diwilayah ini, agar dapat dirasakan juga dimasyarakat sekitar kita, membangun rasa kepedulian, harus peka terhadap lingkungan, termasuk hari ini Pelayanan Kasih terhadap masyarakat tidak mampu, bentuknya memberikan bantuan berupa pengobatan gratis dan pemberian sembako,” ujar Pdt.Josua Tampubolon.

Membangun Komunikasi, menjaga hubungan silaturahmi dengan masyarakat maupun tokoh-tokoh agama disekitar gereja HKBP menjadi tujuan utama, gereja harus terbuka, menerima masukan dan pendapat, agar dapat menjaga kesatuan dan persatuan.

” Bagaimanapun juga kita harus membangun kebersamaan diluar lingkungan gereja, masyarakat gereja adalah juga bagian masyarakat disini, sehinga dampak yang ditimbulkan akan baik, dari sudut pandangan kami nasrani ini adalah pemberian tuhan yang harus disyukuri, semua persoalan dapat di selesaikan dengan baik, ” papar Pendeta Jusua Tampubolon.

Ia berharap, ke depan lebih dapat ditingkatkan dan dikembangkan dalam kegiatan Bhakti Sosial lain dengan prinsip yang akan dilakukan adalah positif, saya atas nama Gereja KHBP Limo mengucapkan terima kasih kepada teman-teman media , dan kemitraan yang dibangun dapat dijaga dengan baik,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan Bhakti Sosial di Hari Lahirnya Pancasila, Pdt. Linda Purba, S.Th (Plt.Ketum PGI-S Depok), Jarmut Semmy A.S Tahun (Komisi KEsehatan PGI-S Depok), Dr. Linggom, Sp.Fk (Komisi Kesehatan PGI-S Depok), Deni Romulo Hutauruk (Komisi Kemitraan & Kerjasama PGI-S Depok), Teddy Dalope (Komisi Kemitraan & Kerjasama PGI-S Depok) , Frans Marsel (GAMKI), Anna Maria BNN Kota Depok, dan Binmas Polsek Limo.

Penyelenggraan Bhakti Sosial berjalan dengan lancar terdaftar 200 peserta pengobatan gratis yang ditangani oleh 5 orang dokter, serta pembagian sembako sebanyak 120 orang.

Pasien Pengobatan Gratis
Pembagian Sembako pada masyarakat tidak mampu.
Penyuluhan Anti Narkoba Pembicara Anna Maria BNN Kota Depok
Unsur Pimpinan BASOLIA Depok.