Nina Suzana : Kami Optimis Bisa Lampaui Target Jelang Tutup Tahun 2019

DEPOK, suarapers.com – Pada acara ngopi bareng Sekber kali ini tema yang diangkat cukuplah menarik, yakni “Peningkatan Dan Optimalisasi PAD Dari Sektor Pajak” dan narsum kita kali ini adalah Nina Suzana, Kepala BKD Kota Depok.

Nina mengatakan, prediksi pajak restoran di Kota Depok akan mengalami peningkatan bahkan melampaui target pada tahun ini yakni sebesar Rp150 miliar.

“Sampai awal Oktober ini saja, sudah masuk Rp142 miliar. Jadi kami optimis bisa lampaui target jelang tutup tahun 2019 ini.” Ucap Nina penuh semangat, pada acara Ngopi Bareng Sekber, Jumat (11/10/19)

Dikatakannya lagi bahwa, “mengajak orang untuk sadar bayar pajak itu memang tidaklah gampang. Namun berkat ke gigihan dan kesabaran tim, berlahan namun pasti jumlah wajib pajak pun mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Pada 2016 misalnya, terdapat 470 Wajib Pajak (WP) restoran yang membayarkan pajaknya, sedangkan pada 2019 ini meningkat menjadi 1.300 WP.” Ucap Nina, di barengi tepuk tangan para insan Pers.

Dalam penjabarannya Nina juga menjelaskan, hingga saat ini saja progres capaian WP (wajib pajak) guna untuk meningkatkan PAD terus dilakukan. Dari mulai restoran, hotel, parkiran dan lain-lainnya, yang memiliki berpotensi menambah pemasukan PAD. Bukan hanya itu saja, Nina juga menjelaskan untuk meningkatkan kontrol transaksi dan agar tidak terjadi manipulasi pemasukan yang berdampak pada hasil pajak, “kita coba pasang alat rekam transakasih para pihak wajib pajak. Sehingga ada kontrol pemasukan, sehingga tidak dimanipulasi.” Tandas Nina.

Untuk pajak memang, menurut Nina penagihnya harus jujur, dan pembayarnya juga harus jujur. Namun di dalam perjalanannya masih ada saja para penunggak wajib pajak bermain mata, hingga dilakukan tindakan peringatan (SP1) bila tidak di indahkan berlanjut di laporkan ke kejaksaan agung hingga KPK .

“Kami optimis, BKD akan mampu mencapai target pada tahun ini untuk mengoptimalkan sektor pajak untuk Kota Depok,” Tutur Nina.

Nina juga optimis target pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2019 sebesar Rp1,114 triliun dapat tercapai.

“Kami optimistis dengan kerja keras, target tersebut dapat tercapai,” lanjutnyaTarget PAD yang terbesar berasal dari pajak bumi dan bangunan (PBB) dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) dengan kontribusi lebih dari 50 persen. Alhamdulillah, target WP hingga September tahun ini, guna meningkatkan PAD sudah mencapai 90 persen,” Tutup Nina. (Joe)