Persekutuan PGI-S Kota Depok Mengimbau Gereja-gereja Taati Himbauan Pemerintah

DEPOK, suarapers.com – Sehubungan dengan perkembangan wabah virus Corona (Covid-19) di Kota Depok, dimana semakin hari semakin meningkat, berdasarkan data per jam 17:00 WIB tanggal 19 Maret 2020 sebagai berikut :

Positif terkena Covid-19 sebanyak 9 orang + 1 orang sudah terindikasi; 223 orang dengan status ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan 26 orang PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

Memperhatikan himbauan pemerintah Republik Indonesia yang menetapkan wabah Virus Corona (Covid-19) di Indonesia sebagai wabah luar biasa, dan Surat edaran dari Wali Kota Depok serta Pimpinan umat beragama terkait larangan beribadah mulai 20 Maret 2020 hingga 4 April 2020 dan Himbauan MPH PGI-S untuk Partisipasi seluruh masyarakat memutus mata rantai penularan virus dengan membatasi pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Maka bersama ini MPH PGI-S Kota Depok menghimbau hal-hal sebagai berikut :
1. Dari tempat kita masing-masing : Pendeta, Majelis dan Jemaat untuk melakukan doa, agar kita semua diberi karunia kesehatan, ketabahan dan kekuatan menghadapi masalah bersama yang terjadi saat ini serta mendoakan pemerintah kita, agar diberi hikmat dan kemampuan dalam memimpin bangsa kita keluar dari masalah ini.

2. Mari kita bersama-sama menyukseskan himbauan Presiden RI, Walikota Depok dan MPH PGI dengan strategi Social Dastancing (Jarak Sosial) dan Physical Distancing (Jarak Fisik).

3. Kini saatnya kita menghentikan segala bentuk Ibadah Minggu, Ibadah Sektor, Kategorial, Perempuan-perempuan dan berbagai aktifitas di luar rumah yang tidak terlalu penting, setidaknya hingga tanggal 4 April 2020.

4. Sebagai Persekutuan Orang Percaya, di satu sisi kita terpanggil untuk memperbanyak dan mempersering perjumpaan antar manusia melalui persekutuan-persekutuan Ibadah, di rumah-rumah dan di Gereja. Namun disisi lain, kita juga memiliki tanggungjawab ikut untuk menghentikan penyebaran Virus Corona (Covid-19) ini. Dalam terang ini, kami menghimbau para Pimpinan Gereja untuk mengembangkan bentuk-bentuk peribadatan yang dapat mrnjangkau umat di rumah masing-masing, melalui alat bantu sosial dan perkembangan teknologi digital, sehingga tersedia alternativ bagi umat untuk tetap beribadah dari rumah masing-masing.

5. Gereja-gereja untuk melakukan pembersihan gereja dengan disenfektan dan menghimbau jemaat untuk melakukan pembersihan rumah-rumah dengan disenfektan dan menyiapkan Hand Sanitazer serta melakukan pola hidup sehat.

6. Gereja-gereja melalui Pimpinan Gereja, Pendeta dam Majelis, hendaknya mempunyai kerjasama yang baik dengan Pemerintah setempat serta mengikuti setiap perkembangan yang ada di sekitar Gereja dan dimana jemaat berada, serta memperhatikan setiap arahan dari Pemerintah dalam rangka mengurangi penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Pada sambutannya Pdt. Bebalazi zega.M.Th yang juga ketua Umum PGI-S Kota Depok, menyampaikan ucapan terimakasih kepada gereja-gereja se-kota Depok dan PGI-S.

“Terimakasih untuk Gereja-gereja Sekota depok yang telah mengikuti himbauan pemerinyah dan PGI-S dan mau melakukan ibadah di rumah, serta turut serta menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi, menjaga kebersihan, menghindari keramaian orang banyak serta tetap tenang dan bersatu hati untuk berdoa mengharap pertolongan Tuhan.”Ucapnya

Marilah kita menularkan cinta kasih dan kepedulian pada sesama, melalui peristiwa yang memprihatinkan ini. Kita mengimani, bahwa selama dalam penyertaan Tuhan, segala sesuatu dapat kita lakukan bersama, sebagaimana tertulis dalam Filipi 4 : 13 “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

Demikian himbauan ini kami sampaikan untuk dimaklumi dan diperhatikan seluruh Gereja-gereja Anggota PGI di Kota Depok.

Dan berikut Daftar Nama Gereja-gereja Anggota PGI-S Kota Depok yang mengalihkan Ibadah Minggu di Gereja menjadi Ibadah Minggu di Rumah :

1. GKI Depok
2. GBKP Depok
3. BNKP Immanuel Sawangan
4. GPIB Jemaat Pelita Hidup
5. GBI Kamboja
6. POUK Pelita
7. GKI Cinere
8. HKI Juanda
9. Gereja Toraja
10. KGPM Depok
11. GBKP Cisalak
12. POUK Dian Kasih
13. GSRI Kelapa Dua
14. GKJ Depok
15. Gereja Kristen Pasundan
16. GBI P. Jati Cinere
17. GBI Sawangan
18. GPIB Sawangan
19. GKJ Yeremia
20. HKI RESORT KHUSUS DEPOK
21. GKO Depok 1
22. GKO Glory Depok
23. ONKP Depok
24. GPIB Cinere
25. GKP JABAR BAHTERA HAYAT DEPOK
26. BNKP Depok.
27. POUK Depok II Timur
28. GSJA CWS Rajawali Depok
29. GPSI Kasih Kudus Singkuk
30. GKI Palsigunug
31. GMII Korintus Raffles Hill
32. GPIB Shalom
33. GBKP Studio Alam
34. HKBP Depok 1
35. GKI Bajem Cilodong
36. GKMI Petra jl. Cempaka DL
37. GPIB Pancaran Kasih
38. HKBP Cimanggis
39. HKBP Kota Depok
40. GKMI Cinere
41. GKPI Depok
42. GBI Jl.Kartini 11 Depok
43. GMI Depok
44. HKBP Depok Timur
45. HKBP Cilodong
46. HKBP Agape
47. HKBP Kalimulya
48. GKMI Bukit Hermon, Dpk Lama
49. HKBP Depok 2
50. HKBP Limo
51. HKBP Cinere
52. HKBP Sukatani
53. GPIB Gideon Klp Dua
54. GKPS Depok
55. GKPS Cibubur
56. GPIB Pancoran Rahmat Depok
57. GGP BAIT EL
58. POUK Pelni
59. GMII Korintus Raffles
60. GKRI Genesaret Depok
61. GKRI Diaspora Cinere
62. Gereja Abba Love
63. GPIB Cimanggis
64. GKPA Depok
65. GBI Rock Depok
66. GMIST Depok
67. MRII Depok
68. GKBJ Depok
69. GSPDI RUKO BUKIT NOVO
70. GBI Pabuaran
71. GBI S56 (Siliwangi 56)
72. GBI Villa Pertiwi
73. GBI Mawar Saron
Kamboja kota depok
74. GPT ANUGERAH
75. Gesba newlife depok
76. GKRI Imanuel Anugerah Depok. (Joe)