Pradi : LPM Harus Profesional Dalam Menjalankan Tugas Dan Fungsinya

Wakil Walikota Pradi Supriatna.

DEPOK, suarapers.com – Usai mengikuti pelantik ketua terpilih DPD LPM Kota Depok yakni, Yusra Amir beserta jajaran pengurus di Hotel Bumiwiyata, Senin, (09/03/20). Wakil Walikota Pradi Supriatna di brondong pertanyaan oleh awak media yang Hadir seputaran masalah sampah, banjir, dan pemanfaatan setu yang ada di Kota Depok.

“LPM harus bisa menyerap berbagai aspirasi masyarakat, karena ini sebuah kewajiban dan untuk kepentingan masyarakat untuk itu sering-seringlah saling berkomunikasiagar apa yang di harapkan dapat tercapai.”Ucap Pradi.

Terkait dengan kondisi sampah yang ada sungai yang mengakibatkan banjir serta keberadaan Setu, kita minta kesadaran masyarakat agar kembali pada pola hidup bersih dan sehat, itu juga bisa kita lakukan gerakan-gerakan yang ada di masyarakat juga lembaga seperti Lpm. Nah, disini Lpm sebagai Mitra pemerintah. Sebab himbauan-himbauan saja tidak cukup dari kami terkait lingkungan hidup, kesehatan dan ke bersih.”ucapnya.

Hal ini menjadi sangat efektif bila ada kesadaran masyarakat secara bersama, karena kebersihan lingkungan untuk kita bersama, karena kalau hal ini didiamkan menjadi salah satu sumber dari pada penyakit.

“Kalau kita hidup di lingkungan yang kotor seperti ini bagaimana mungkin, akan banyak penyakit. Lagi-lagi, ini akan menjadi masalah di masyarakat. Untuk itu mari kita lakukan pola hidup sehat dan bersih.” Ajak Pradi.

Selain masalah sampah, mengenai masalah Setu yang ada, “setu yang ada di Kota Depok sangat banyak manfaatnya, yang pertama adalah sebagai resapan air, juga cadangan air tanah, kemudian juga bisa menjadi wilayah ekowisata, bisa bisa menjadi wilayah sosial yang kemudian juga peningkatan ekonomi dan ruang terbuka hijau. Contohnya di daerah Ciawi saja sudah di Buat daerah resapan air. Banyak sekali manfaatnya, kalau kami jumlah luasnya setu yang ada, lebih dari 150 hektar. Berapa Debit air yang bisa tertahan, apalagi di musim hujan.”Tegas Wakil Walikota yang juga hobi nyanyi ini sambil tersenyum.

Setu kita sekarang kan banyak terjadi pendangkalan- pendangkalan harus segera di keruk sekarang biar penyerapan lebih banyak. Timbunan sampah yang mengendap di angkat sebagaimana fungsinya setu itu sendiri.”paparnya.

Kembali ke Lpm yang usai di lantik, polanya ubah dan aspirasi dari bawah yakni masyarakat di sekitar yang biasanya tahu dan hafal, masyarakat adalah orang yang mewakili wilayahnya, baik budaya karakteristik mereka lebih awal paham yang berada di tingkat Kelurahan. Kemudian coba dipertajam di tingkat kecamatan
sampai tingkat kotanya.

“DPD Lpm seperti ini dengan susunan kepengurusan yang baik dan amanah program yang sudah siap tinggal di arahkan ke tingkat Kota atau provinsi. Dalam menjalankannya pun Lpm harus Profesional dalam menjalankan tugas dan fungsi, kemudian Ia juga harus tanggung jawab atas tugas yang di emban, untuk kepentingan masyarakat secara utuh.”Tambahnya.

Saat ditanya mengenai pencalonanya sebagai Calon Walikota, Pradi hanya tersenyum di hadapan insan pers dan berlalu.(Joe)