Bangunan Indomaret Di Area Stasiun Depok Baru Dibongkar Sendiri Oleh Pemiliknya

DEPOK, suarapers.com – Adanya bangunan Indomaret yang berdiri di area Stasiun Depok Baru akhirnya dibongkar sendiri oleh pemiliknya. Kamis dinihari (4/02/21)

Pembongkaran dilakukan setelah pemilik bangunan Indomaret tersebut menerima surat peringatan dari Satpol PP Kota Depok karena bangunan tersebut di anggap ilegal dan berdiri di atas lahan yang dikelola Pemda Depok maka sesuai Perda Kota Depok nomor 16/ 2012 tentang pembinaan dan pengawasan ketertiban umum pasal 15 ayat 2 dan 4, dan atas permohonan penertiban bangunan di atas lahan pemerintah oleh bagian aset Pemda daerah maka Satpol PP mengeluarkan surat peringatan nomor 300/090/trantib 2021 pada tanggal 22 Februari 2021.

Proses pembongkaran di malam hari Kamis, (4/02/21) dan dan pembongkaran tersebut dibantu oleh korlap Stasiun Depok Baru dan proses tersebut berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Menurut koordinator lapangan pemilihan waktu pada malam hari berdasarkan permintaan Kepala Stasiun Depok Baru dan Kepala UPT terminal Depok agar pembongkaran dilakukan saat Stasiun dan Terminal sepi dari para penumpang.

Koordinator lapangan (korlap) Edi Candra atau dikenal dengan barok menyatakan bahwa dirinya mendapat tugas resmi dari pemilik gedung untuk melakukan pembongkaran.

“Malam ini saya mengerahkan anggota korlap didampingi Pembina dari aparat kepolisian melakukan pembongkaran dengan lancar.”Ucapnya

KaSat Pol PP Kota Depok N Linda Ratna nurdiany sangat mengapresiasi pada pemilik bangunan yang sudah patuh dan kooperatif dalam menegakkan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Kepala Stasiun Depok Baru Supriyanto meminta setelah bangunan dibongkar penataan transportasi di area Terminal kiranya bisa ditata yang bagus dan ramah terhadap para penumpang (pengguna transportasi).

“Angkot-angkot Tidak sembarangan berhenti di hall stasiun dengan moda angkutan angkot, akan dibuat batas barrier dari ex Indomaret sampai dengan pohon besar arah,”ucap Supriyanto.

Menurut kepala terminal bus terpadu Depok Ronald John Kater dibongkarnya bangunan tersebut pihaknya bisa melakukan penataan angkot yang ada di terminal dan akan lebih leluasa lagi.

“Dengan dibongkarnya bangunan tersebut, kami bisa melakukan penataan angkot di terminal yang yang lebih leluasa. Kami akan pasang barier permanen agar angkot tidak masuk ke Area penumpang kereta Api. Terima kasih kepada pihak Indomaret dan korlap yang telah membongkar bangunan Indomart,”ujannya

Sebagaimana diketahui bahwa lahan stasiun kereta api Depok Baru pada bagian timur dan barat adalah aset negara dengan Kemenkeu sebagai pengelola dan kemenhub sebagai pengguna oleh Kementerian Perhubungan RI atas persetujuan Kemenkeu telah dipinjamkan kepada pemerintah kota Depok untuk digunakan sebagai Terminal sementara.

Sementara bagian barat stasiun sebagian lahan setelah dikerjasamakan dalam bentuk sewa wa boleh Kementerian Perhubungan kepada ada PT. Andyka sebagai lahan parkir sejak tahun 2014 dan sampai saat ini. (Joe)